Kuasa Hukum Korporat

Alberth Limandau Alikin, S.H., Kuasa Hukum Korporat: Kepatuhan, Kontrak Dan Mitigasi Risiko

Kuasahukumpajak.id – Persaingan dalam suatu usaha atau bisnis saat ini benar-benar dalam tahap yang mengkhawatirkan, karena selain menjamurnya bisnis-bisnis atau produk-produk yang serupa, banyak pula bisnis atau produk ilegal yang menjadi kendala utama sebuah perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan publik, kenapa? Karena usaha, atau bisnis atau produk ilegal cenderung memiliki harga yang lebih murah, karena mereka tidak terbebani pajak, sehingga perusahaan-perusahaan besar yang sudah jelas kelegalannya, justru malah mengalami kemunduran, karena tidak mampu bersaing.

Malangnya produk-produk ilegal itu malah digemari masyarakat, karena harganya yang sangat miring. Contohnya adalah perusahaan sebuah rokok yang terpaksa harus menutup perusahaannya, karena terbebani pajak yang besar, sehingga membuat harga jual produknya jadi jauh lebih tinggi dari produk rokok ilegal, atau produk rokok baru dipasaran.

Hal ini menjadi ‘pr’ yang sangat menyulitkan bagi para pelaku bisnis, atau para pemilik perusahaan di Indonesia. Baik itu bisnis mandiri atau perusahaan korporasi. Bagaimanakah cara untuk menyiasati permasalah persaingan yang besar itu? Adakah cara-cara atau trik-trik khusus untuk menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan ini? Pastikan Anda tidak melewatkan sedikitpun informasi dalam artikel ini, untuk mendapatkan jawaban pertanyaan diatas.

Profil Alberth Limandau Alikin, S.H.

Untuk mendapatkan sebuah solusi, pertama-tama Anda perlu mengetahui masalah Anda. Anda harus melakukan identifikasi masalah secara mendalam. Hal ini memerlukan pendidikan atau keterampilan khusus. Maka dari itu, Anda membutuhkan seseorang yang paham tentang hukum pajak, dan memiliki kepandaian dalam menganalisa permasalahan bisnis Anda.

Alberth Limandau Alikin, S.H., adalah seorang kuasa hukum yang mempunyai kecakapan dan segudang strategi yang bisa digunakan untuk mitigasi risiko dalam suatu bisnis. Alberth Limandau Alikin, S.H., juga sangat bisa diandalkan untuk menyiasati bisnis dan pajak klien, agar tercapainya tujuan bisnis klien-kliennya.

Tugas Kuasa Hukum Korporat

Kuasa hukum korporat adalah seorang ahli hukum yang menitik beratkan profesinya pada persoalan-persoalan atau masalah-masalah hukum dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Baik itu bisnis perorangan atau perusahaan korporasi. Berikut adalah beberapa tugas penting seorang kuasa hukum korporat:

1. Memastikan Kepatuhan Terhadap Hukum

Seorang kuasa hukum korporat, memiliki tugas atau peran dalam memastikan para pelaku bisnis atau para pelaku perusahaan korporasi untuk menjadi warga negara yang patuh pada hukum yang berlaku di negara Indonesia. Mereka juga harus bisa memastikan bahwa bisnis-bisnis di Indonesia telah sesuai dengan persyaratan hukum, dan beroperasi sesuai dengan hukum.

2. Membantu Dalam Mendirikan Sebuah Perusahaan

Tugas Kuasa hukum korporat adalah juga membantu mendirikan sebuah perusahaan, baik itu perusahaan perorangan maupun perusahaan korporasi. Mereka bertugas untuk membantu dan mengurus serta menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendirikan perusahaan.

3. Menyusun Perjanjian Kontrak

Tugas kuasa hukum berikutnya adalah menyusun perjanjian-perjanjian kontrak. Termasuk dalam menegosiasikan sebuah kontrak kerja, kontrak kerjasama, dan penyusunan dokumen-dokumen hukum penting yang lainnya.

4. Memberikan Nasihat Dan Saran Hukum

Sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang kuasa hukum korporat, untuk memberikan nasihat-nasihat hukum, atau saran-saran hukum yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh kliennya, demi untuk mempercepat proses penyelesaian masalah hukum.

5. Menyelesaikan Masalah Sengketa

Sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang kuasa hukum korporat untuk menyelesaikan permasalahan sengketa yang terjadi dalam sebuah usaha atau bisnis atau sebuah perusahaan, baik perusahaan milik pribadi atau perusahaan korporasi.

6. Mengelola Berbagai Dokumen

Kuasa hukum korporat juga mempunyai tugas untuk mengelola berbagai dokumen-dokumen resmi, seperti berbagai jenis sertifikat, surat-surat perizinan pendirian suatu perusahaan atau juga aset-aset berharga sebuah perusahaan atau bisnis.

Itulah beberapa tugas dan peran seorang kuasa hukum korporat. Mereka mempunyai peranan penting dalam pendirian sebuah perusahaan atau bisnis. Mereka juga sangat bisa diandalkan untuk membantu Anda melakukan mitigasi risiko dalam suatu bisnis. Apa itu mitigasi risiko?

Mitigasi Risiko

Mitigasi risiko bisnis, atau usaha adalah tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang harus diambil untuk mengurangi atau meminimalisir dampak negatif dari suatu kejadian. Ringkas nya adalah bahwa sikap-sikap atau strategi-strategi yang harus dikerjakan untuk mengurangi risiko bisnis atau usaha agar perusahaan tidak mengalami kerugian yang lebih parah.

Mitigasi risiko sangat penting, karena dengan mengerjakan hal ini, perusahaan atau bisnis Anda bisa diselamatkan dari kebangkrutan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengerjakan mitigasi risiko, Anda perlu mengetahui beberapa hal, yaitu:

1. Identifikasi Dan Analisis

Sebelum Anda melakukan mitigasi risiko, Anda harus melakukan identifikasi masalah terlebih dahulu. Kenali masalah yang Anda hadapi dalam bisnis atau perusahaan Anda. Lalu kembangkan masalah tersebut, dan analisa masalah tersebut lebih jauh dan dalam, agar Anda bisa mencari solusi terbaik dari permasalahan Anda.

2. Kembangkan Strategi Mitigasi

Setelah Anda mengenali dan menganalisis permasalahan dalam bisnis atau perusahaan Anda, serta menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan Anda, kembangkan rencana strategi untuk melakukan mitigasi risiko, agar permasalahan Anda bisa secepatnya teratasi.

3. Strategi Untuk Mengurangi Risiko

Kenali beberapa strategi yang sudah Anda kembangkan. Lalu kembangkan lagi menjadi beberapa bagian. Kenali apakah strategi tersebut akan menyelesaikan permasalahan dalam bisnis atau perusahaan Anda, ataukah hanya akan mengurangi masalah bisnis atau perusahaan Anda.

4. Hindari Risiko

Setelah melakukan identifikasi masalah, jika Anda sudah menemukan solusi, sebaiknya sebisa mungkin ,jika Anda mempunyai kemampuan, hindari risiko agar Anda bisa menyelamatkan bisnis atau perusahaan Anda.

5. Menerima Risiko

Perusahaan atau bisnis bisa saja menerima risiko yang ada, namun pebisnis atau pengusaha, sebaiknya melakukan tindakan-tindakan yang bisa dilakukan untuk membatasi penerimaan risiko.

6. Mengalihkan Risiko

Pemilik perusahaan atau pebisnis bisa melakukan pengalihan risiko atau transfer risiko dengan melakukan asuransi. Namun biasanya perusahaan asuransi memiliki beberapa persyaratan yang harus bisa dipenuhi.

Itulah beberapa penjelasan tentang mitigasi risiko yang Anda bisa terapkan untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi dalam bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Namun akan lebih baik, jika Anda menggunakan jasa seorang kuasa hukum korporat untuk melakukan mitigasi risiko, karena biasanya seorang kuasa hukum korporat mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi masalah secara mendetail, sehingga Anda bisa menentukan langkah-langkah yang lebih tepat dalam menyelesaikan permasalahan bisnis atau perusahaan Anda.

Alberth Limandau Alikin, S.H., dipercaya memiliki kemampuan untuk mitigasi risiko dengan sangat mendetail. Alberth Limandau Alikin, S.H., sudah mempunyai NIA aktif dengan SK pengangkatan di tahun 2022, dan juga sudah terdaftar menjadi anggota PPKHI. Alberth Limandau Alikin, S.H., juga memiliki jejak rekam yang tinggi dari klien-klien sebelumnya, sehingga reputasi dan dedikasinya tidak perlu Anda ragukan lagi. Alberth Limandau Alikin, S.H., bisa Anda akses dalam https://Kuasahukumpajak.id. Alberth Limandau Alikin, S.H., kuasa hukum korporat terbaik dan terpercaya untuk permasalahan kontrak, kepatuhan hukum dan mitigasi risiko. Percayakan permasalahan hukum yang sedang Anda hadapi kepada Alberth Limandau Alikin, S.H.

error: